Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan menulis cerita pendek dengan metode menarasikan lagu pada siswa kelas XIA SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sedangkan penelitian ini menggunakan 2 (dua) siklus selama 4 (empat) kali pertemuan. Sementara itu, hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajran menarasikan lagu dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IXA. Hal ini terbukti dari siklus I sampai siklus II terus mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut: Pada siklus I pertemuan pertama diperoleh rata-rata 67,29, dan pertemuan kedua diperoleh rata-rata 70, 12. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh rata-rata 78, 06, dan pertemuan kedua diperoleh rata-rata 81,12. Rata-rata tersebut menunjukkan bahwa siswa yang awalnya kurang aktif meningkat menjadi lebih aktif. Pada tahap pelaksanaan post test, menunjukkan hasil sebagai berikut: Siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,71 (kurang baik), sedangkan hasil post test pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,12 (baik sekali). Dengan hasil yang diperoleh oleh siswa pada siklus II tersebut, maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan sudah berhasil dan tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Copyrights © 2022