Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan
Vol 7 No 1 (2022): Edisi April 2022

Meningkatkan Keaktifan Menulis Cerita Pendek dengan Metode Menarasikan Lagu pada Siswa Kelas IXA di SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018

Rumiati Rumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan menulis cerita pendek dengan metode menarasikan lagu pada siswa kelas XIA SMP Negeri 8 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sedangkan penelitian ini menggunakan 2 (dua) siklus selama 4 (empat) kali pertemuan. Sementara itu, hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajran menarasikan lagu dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IXA. Hal ini terbukti dari siklus I sampai siklus II terus mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut: Pada siklus I pertemuan pertama diperoleh rata-rata 67,29, dan pertemuan kedua diperoleh rata-rata 70, 12. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama diperoleh rata-rata 78, 06, dan pertemuan kedua diperoleh rata-rata 81,12. Rata-rata tersebut menunjukkan bahwa siswa yang awalnya kurang aktif meningkat menjadi lebih aktif. Pada tahap pelaksanaan post test, menunjukkan hasil sebagai berikut: Siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,71 (kurang baik), sedangkan hasil post test pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,12 (baik sekali). Dengan hasil yang diperoleh oleh siswa pada siklus II tersebut, maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dinyatakan sudah berhasil dan tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

trendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, bertujuan untuk menerbitkan berbagai laporan penelitian, studi literatur dan tulisan ilmiah tentang fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, ...