Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 6 (2022)

Pendampingan Pembelajaran Berbasis E-Learning sebagai Upaya Optimalisasi Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Muhammadi, Muhammadi (Unknown)
Zikri, Ahmad (Unknown)
Izzati, Izzati (Unknown)
Waluyo, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan untuk pendampingan kepada guru-guru Sekolah Dasar (SD) Kota Pariaman tentang pembelajaran berbasis E-Learning sebagai upaya optimalisasi pembelajaran di tengah pandemi COVID-19. Program ini dilakukan sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk belajar dari rumah pada setiap jenjang pendidikan, tidak terkecuali jenjang SD. Akan tetapi, amanat Kemendikbud tidak berjalan secara efektif karena masih terdapat beberapa kendala, diantaranya: (1) minimnya pemahaman dan keterampilan guru tentang pembelajaran berbasis E-Learning di SD, (2) belum adanya sistem daring/aplikasi pembelajaran E-Learning yang khusus di desain untuk siswa SD, dan (3) banyaknya keluhan orang tua karena Pembelajaran Daring yang diarahkan pemerintah cenderung berorientasi tugas saja tanpa disertai penjelasan materi sehingga memberatkan orang tua untuk memfasilitasi anak belajar mandiri. Menyikapi hal tersebut, dilakukan beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan melalui sosialisasi dan pendampingan pembelajaran berbasis ELearning, pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran berbasis E-Learning, pendampingan simulasi pembelajaran berbasis E-Learning, monitoring dan evaluasi, dan tindak lanjut. Program ini menghasilkan peningkatan pemahaman dan keterampilan bagi guru-guru sekolah dasar di kota Pariaman dalam mengembangkan pembelajaran daring berbasis ELearning. Setelah mengikuti kegiatan ini peserta kini mampu mengaplikasikan pembelajaran secara daring di kelas menggunakan aplikasi berbasis E-Learning serta mengembangkan perangkat pembelajaran daring yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...