Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024): February

Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran PMRI Berbasis Satuan Waktu di Kelas II SD

Sartika Barutu (Universitas Sanata Dharma)
Maria Theresa Cinta Kasih (Universitas Sanata Dharma)
Yurna Kristin Messakh (Universitas Sanata Dharma)
Andri Anugrahana (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kebutuhan untuk mengevaluasi implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai efektivitas pendekatan PMRI dalam pengajaran materi matematika, khususnya pada topik satuan waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan PMRI yang melibatkan guru dan siswa sebagai sumber data. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMRI meningkatkan pemahaman siswa dan membantu guru dalam menyampaikan materi dengan lebih efektif. Siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap pembelajaran matematika ditinjau dari observasi dimana dari 21 siswa, sebanyak 19 siswa yang menyukai materi satuan waktu dengan pendekatan PMRI. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi PMRI di Sekolah Dasar yang berlokasi di kabupaten Sleman berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, khususnya dalam topik satuan waktu. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan PMRI dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika di tingkat dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...