Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 5 (2022): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Special Issue 2

Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Penerapan Model Picture and Picture pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Sri Puji Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model picture and picture pada siswa kelas III SDN 05 Kuto tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dua dan satu pertemuan dengan empat tahap penelitian: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kela III SDN 05 Kuto tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 17 terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sehingga pencapaian indikator dalam Pelajaran IPA dapat tercapai. Terbukti 87,5% siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 05 Kuto mencapati ketuntasan belajar lebih dari atau sama dengan KKM. Hasil penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA. Hal ini terbukti dari kondisi awal persentase ketuntasan siswa sebesar 29,41% dengan nilai rata-rata kelas 68,24, pada Siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 70,59% dengan nilai rata-rata kelas 75,29 dan untuk siklus II ketuntasan meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 83,24.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...