Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan bermain game online dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini dilakukan selama 8 hari di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 560 orang dengan sampel berjumlah 86 orang yang terpilih dengan menggunakan teknik aksidental. Penelitian ini menggunakan 2 analisis data yaitu analisis univariat dan analisis multivariat dengan menggunakan uji analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara manajemen waktu belajar (p-value 0.008) dengan prestasi belajar dan tidak ada hubungan antara game online (p-value 0,155), kehidupan sosial (p-value 0.445), dan emosional (p-value 0,340) dengan prestasi belajar.
Copyrights © 2024