JURNAL ECONOMINA
Vol. 2 No. 5 (2023): JURNAL ECONOMINA, Mei 2023

PERAN INTERNSHIP BAGI PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT (Studi Kasus Kegiatan Magang di Ombudsman)

Hairul Suhendra (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Efa Irdhayanti (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Mazayatul Mufrihah (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
25 May 2023

Abstract

Program Internship merupakan kegiatan yang telah dilaksanakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat yang telah melaksanakan magang di Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Barat selama kurang lebih 1 bulan. Dengan program internship mahasiswa UNU KALBAR dapat mengetahui skill apa saja yang selama ini mereka punya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran internship dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa Fakultas Ekonomi UNU KALBAR. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. kegiatan internship yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNU KALBAR dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Peningkatan kompetensi dapat dibentuk dari beberapa aspek yaitu pada soft skill dan hard skill yang dimiliki oleh mahasiswa. Selain itu peran komunikasi, peningkatan kinerja, tanggung jawab, kedisiplinan, serta sikap inisiatif juga mempengaruhi perusahaan terhadap mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economina (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers with areas of research include, but are not limited to Global Business, Transition Issues, Economic Growth and Development, Economics of Organizations and Industries, Finance and Investment, Strategic ...