JURNAL ECONOMINA
Vol. 2 No. 7 (2023): JURNAL ECONOMINA, Juli 2023

ANALISIS FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR PENERBANGAN (Studi Kasus Pada PT. GARUDA INDONESIA Tbk dan PT. AIRASIA INDONESIA Tbk Periode 2018-2021)

Wiranti Novianda (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Efa Irdhayanti (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)
Ahmadi Ahmadi (Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prediksi financial distress pada perusahaan sub sektor penerbangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan model prediksi Altman Zā€-Score. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik purposive sampling untuk mengambil sampel penelitian. Sampel penelitian ini yaitu PT. Garuda Indonesia Tbk dan PT. AirAsia Indonesia Tbk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Garuda Indonesia Tbk pada periode 2018-2021 diprediksi mengalami financial distress karena berada dalam kategori distress area. Sedangkan PT. AirAsia Indonesia Tbk mengalami financial distress pada 3 periode yaitu pada tahun 2018, 2020 dan 2021. Pada tahun 2019 PT. AirAsia Indonesia Tbk berada dalam kategori grey area. Kondisi distress yang paling parah terjadi pada tahun 2020 dan 2021. Pada tahun 2020, PT. Garuda Indonesia Tbk memperoleh skor -4,809 dan PT. AirAsia Indonesia Tbk memperoleh skor ā€“ 6,730. Sedangkan pada tahun 2021, PT. Garuda Indonesia Tbk mengalami perubahan skor yang semakin memburuk dengan memperoleh skor -12,531 dan PT.AirAsia Indonesia Tbk memperoleh skor -8,697. Skor prediksi financial distress tersebut menunjukkan kondisi keuangan perusahaan yang semakin memburuk akibat dari adanya kebijakan Covid-19 yang mengharuskan perusahaan sub sektor penerbangan mengurangi jumlah penumpang dan jadwal penerbangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economina (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers with areas of research include, but are not limited to Global Business, Transition Issues, Economic Growth and Development, Economics of Organizations and Industries, Finance and Investment, Strategic ...