JURNAL ECONOMINA
Vol. 3 No. 2 (2024): JURNAL ECONOMINA, Februari 2024

Pengaruh Manajemen Laba, Profitabilitas, dan Likuiditas terhadap Penghindaran Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di BEI pada Tahun 2018-2022)

Handayani, Nur Tiara (Unknown)
Marundha, Amor (Unknown)
Khasanah, Uswatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh manajemen laba, profitabilitas, dan likuiditas terhadap penghindaran pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 80 sampel data observasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan Eviews versi 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen laba berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap penghindaran pajak, profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penghindaran pajak, dan likuiditas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap penghindaran pajak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

economina

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Economina (JE) is a peer-reviewed journal which publishes original research papers with areas of research include, but are not limited to Global Business, Transition Issues, Economic Growth and Development, Economics of Organizations and Industries, Finance and Investment, Strategic ...