Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 5 No. 4 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni - Juli 2024)

Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Aceh Besar

Rahimah Rahimah (Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh, Indonesia)
Mulia Putra (Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh, Indonesia)
Sariakin Sariakin (Universitas Bina Bangsa Getsempena, Banda Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan dan motivasi kerja guru  terhadap  mutu  pendidikan  di  SMP Negeri  Kabupaten Aceh  Besar.  Pentingnya peran guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia   melalui   pendidikan   yang   berkualitas.   Guru   yang   profesional,   disiplin,   dan termotivasi diharapkan dapat memberikan pengajaran yang efektif dan bermutu tinggi, yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.  Metode penelitian yang digunakan  adalah  metode  kuantitatif  dengan  desain  penelitian  asosiatif  kausal.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kabupaten Aceh Besar. Data dikumpulkan melalui angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi untuk mengetahui pengaruh variabel independen (tingkat pendidikan dan motivasi kerja) terhadap variabel   dependen   (mutu   pendidikan).   Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   tingkat pendidikan dan motivasi kerja guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Aceh Besar. Tingkat pendidikan guru yang lebih tinggi berkorelasi dengan pemahaman yang lebih baik mengenai materi pelajaran dan metode pengajaran yang efektif. Selain itu, motivasi kerja yang tinggi mendorong guru untuk lebih berkomitmen dan berkinerja optimal dalam melaksanakan tugas pengajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...