Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan kenerja tenaga pendidik dan kependidikan di SD Negeri 2 Bakongan Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini dikumpulan menggunakan teknik pengumpulan data yang terdiri dari wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah dalam meningkatkan kenerja tenaga kependidikan di SD Negeri 2 Bakongan dilakukan dengan menjadikan diri kepala sekolah penentu arah kebijakan dalam mewujudkan visi dan misi sekolah. Menjadikan dirinya sebagai agen perubahan, juru bicara dan pelatih yang selalu terlibat dalam membicarakan kebijakan pendidikan kepada bawahannya baik melalui pelatihan maupun diskusi lainnya
Copyrights © 2024