Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Faktor – Faktor Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alfamart (Studi Pada Konsumen Alfamart Di Kota Semarang)

Azhararin Ratu Etria Satu (Program Studi Manajemen - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang)
Mahmud Mahmud (Program Studi Manajemen - S1, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

The purpose of this study was to examine the impact of the influence of social responsibility, social media marketing, sales promotion, store area and profit value on the purchasing decisions of Alfamart consumers. The research method uses quantitative research and the data collected comes from Alfamart consumers. The results of the research on the t test prove that the variables of corporate social responsibility, sales promotion, and profit value have an impact on purchasing decisions at Alfamart in Semarang city, while social media marketing and store environment variables do not have an impact on purchasing decisions. Simultaneously the variables of corporate social responsibility, sales promotion, social media marketing, store environment and profit value influence purchasing decisions. The coefficient of determination is 63.8%. Tujuan dalam riset ini guna menguji dampak pengaruh tanggung jawab sosial, pemasaran media sosial, promosi penjualan, lingkungan toko serta nilai keuntungan terhadap keputusan pembelian konsumen Alfamart. Metode penilitian menggunakan penelitian Kuantitatif dan data yang dikumpulkan berasal dari konsumen Alfamart. hasil penelitian pada uji t membuktikan variabel tanggung jawab sosial perusahaan, promosi penjualan, serta nilai keuntungan mempunyai dampak terhadap keputusan pembelian di alfamart di kota Semarang sedangkan di variabel pemasaran media sosial dan lingkungan toko tidak membawa akibat pada keputusan pembelian. Secara simultan variabel tanggung jawab sosial perusahaan, kenaikan pangkat penjualan, pemasaran media sosial, lingkungan toko serta nilai keuntungan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 63,8%.Keywords:Tanggung jawab sosial, Pemasaran media sosial, Promosi penjualan, Lingkungan toko, Nilai keuntungan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEKOBS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) adalah media publikasi penelitian empiris ataupun konseptual oleh mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Artikel - artikel yang dipublikasikan merupakan publikasi Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan, baik Strata 1, 2, maupun 3. Artikel ...