cover
Contact Name
Handy Nur Cahya
Contact Email
handy.nur@dsn.dinus.ac.id
Phone
+6224-3567010
Journal Mail Official
jekobs@feb.dinus.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang Jalan Nakula I No. 5-11, Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 29648866     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) adalah media publikasi penelitian empiris ataupun konseptual oleh mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Artikel - artikel yang dipublikasikan merupakan publikasi Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan jenjang pendidikan, baik Strata 1, 2, maupun 3. Artikel yang terbit sudah melalui uji proposal, uji lisan dan presentasi, selayaknya ujian akhir pada proses penyusunan Tugas Akhir mahasiswa. Serta, penyusunan standar penulisan karya ilmiah sesuai kedalaman materi mahasiswa pada masing-masing Strata. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) diterbitkan berkala dalam basis 3 bulanan setiap Maret, Juni, September, Desember, serta diterbitkan secara Online pada website: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS Jurnal Ekonomi dan Bisnis (JEKOBS) mempublikasikan Jurnal dalam cakupan bidang keilmuan meliputi: --Management Science Marketing Management Operations Management Financial management Human Resource Management International Business Entrepreneurship --Accounting Sciences Taxation and Public Sector Accounting Accounting information system Auditing Financial Accounting Management accounting Behavioral accounting
Articles 37 Documents
Pengaruh Work Engagement, Work Life Balance dan Reward Terhadap Generasi Y di Bank Syariah Indonesia Kota Semarang Farida Akhmad
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Along with technological changes that continue to occur, the banking industry is required to be able to adapt by utilizing technological developments to continue to innovate. Company leaders should prepare themselves to welcome the arrival of Generation Y in the industry or company, because this can be an opportunity as well as a challenge for the future of Indonesia. Generation Y itself is synonymous with a fairly high turnover intention, for which companies need to pay more attention to employee turnover rates. This study aims to examine in depth the effect of work engagement, work-life balance, and generation Y rewards on turnover intention. To examine this issue, the researcher used primary data in the form of a questionnaire. Data analysis used SPSS version 26 software. This research is useful for managers to deal with employee turnover intention problems. The result of this study is that the work engagement variable has a significant negative effect on turnover intention, work life balance variable has a significant negative effect on turnover intention, reward variable has a significant negative effect on turnover intention. Seiring dengan perubahan teknologi yang terus terjadi, industri perbankan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk terus berinovasi. Para pemimpin perusahaan sebaiknya mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan generasi Y di industri atau perusahaan, karena ini dapat dijadikan peluang sekaligus tantangan untuk masa depan negara Indonesia. Generasi Y sendiri identik dengan angka turnover intention yang cukup tinggi, yang mana perusahaan perlu memberikan perhatian lebih terhadap 1 tingkat turnover karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara mendalam mengenai pengaruh work engagement, work-life balance, dan reward generasi Y terhadap turnover intention. Untuk menguji isu tersebut peneliti menggunakan data primer berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan software SPSS versi 26. Penelitian ini berguna bagi manajer untuk menangani permasalahan turnover intention karyawan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa variabel work engagement memiliki pengaruh negatif secara signifikan terhadap turnover intention, variabel work life balance memiliki pengaruh negatif secara signifikan terhadap turnover intention, variabel reward memiliki pengaruh negatif secara signifikan terhadap turnover intention. Keywords:work engagementwork life balancerewardturnover intentiongeneration
Analisis Risiko Bisnis, Profitabilitas dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019 Sri Eva Ningsih
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study looks at the companies in the Indonesian stock market that are in the industrial sector and examines their capital structure, as well as how much research there is on them. This study is aimed at investigating the relationship between business risk, profitability, and asset growth on the capital structure of various Indonesian industrial companies listed on the IDX. The sample in the study was made up of 21 companies that were sampled based on certain criteria. The companies listed on the IDX whose shares are actively traded are publishing financial reports successively during the research period. This is for the 2015- 2019 period. The data analysis method used is multiple regression. This is a method that helps to identify relationships between different factors and predicts how one variable affects another. The findings suggest that business risk has no significant effect on capital structure; moreover, there is no significant relationship between profitability and capital structure. Penelitian ini mengambil obyek sebuah perusahaan dalam bidang perseroan industri di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015 – 2019 disebabkan karena adanya penurunan struktur modal dalam pengukuran oleh pemegang saham Debt to Equity Ratio serta adanya research gap/tabel temuan yang berbeda. Penelitian ini berfungsi dalam pengujian pengaruh risiko bisnis, profitabilitas dan pertumbuhan asset terhadap struktur modal dalam bidang aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan sebanyak 21 perusahaan melalui metode purposive sampling yang merupakan metode yang digunakan untuk mengambil sampel menurut perbandingan yang lebih spesifik. yaitu : Perusahaan sektor aneka industri di BEI yang sahamnya aktif diperdagangkan di BEI, memnerbitkan laporan keuangan berturut-turut selama periode tahun penelitian berturut-turut periode 2015-2019. Data ini menggunakan metode analisis regresi berganda sebagai pengukuran data. Penelitian yang saya lakukan menghasilkan bahwa risiko bisnis tidak mempunyai pengaruh terhadap struktur modal, tidak adanya pengaruh signifikan antara Profitabilitas terhadap struktur modal dan pertumbuhan asset berpengaruh positif terhadap struktur modal.Keywords:business riskprofitabilityasset growthcapital structure
Pengaruh Persepsi Risiko, Kualitas Situs Web dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Fashion di Masa Pandemi Covid-19 (Studi pada Pelanggan Zalora.co.id di Kota Semarang) Aulia Lisriana Safitri
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In conducting this research, researcher take the object of Zalora.co.id customer who has made a transaction in the Zalora.co.id Application. The purpose of the study was to analyze the influence of risk perception, website quality, and consumer confidence and whether it has an impact on online purchasing decisions. Sampling techniques in this study are using purposive sampling techniques. Purposive sample withdrawal by selecting subjects based on specific criteria that have been set by the researcher. The sample used in the study was 110 respondents. In addition, this study has criteria that have been set by researchers such as the criteria of respondents who have made transactions in Zalora.co.id at least twice in the past year, and domiciled in the city of Semarang. The method used in data analysis is multiple linear regression analysis. From these studies have obtained results that show that risk perception partially affects positive and significant to trust, the quality of the website partially positive and significant to trust. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti mengambil obyek pelanggan Zalora.co.id yang pernah melakukan transaksi di aplikasi Zalora.co.id. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh persepsi resiko, kualitas situs web, dan kepercayaan konsumen dan apakah memiliki dampak pada keputusan pembelian secara online. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Penarikan sampel yang dilakukan secara purposif dengan memilih subjek berdasarkan kriteria spesifik yang telah ditetapkan oleh peneliti. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 responden. Selain itu, penelitian ini memiliki kriteria yang telah ditetapkan peneliti seperti kriteria responden yang telah melakukan transaksi di Zalora.co.id minimal dua kali dalam setahun terakhir, dan berdomisili di Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu analisis regresi linier berganda. Dari penelitian tersebut telah mendapatkan hasil yang menunjukan bahwa persepsi resiko secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, kualitas situs web secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaanKeywords:risk perceptionquality of websiteconsumer confidencepurchasing decisions 
Pengaruh Organizational Citizenship Behaviour (OCB), Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi terhadap Turnover Intention Karyawan pada Hotel Mitra Park View Kota Semarang Divia Salsabila Maghfirotin Harahap
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is to find out the impact of Organizational Citizenship Behavior (OCB), Job Satisfaction, Organizational Commitment to Turnover Intention on employees of Hotel Mitra Park View Semarang City. The independent variables in this research consist of Organizational Citizenship Behavior (OCB), Job Satisfaction, Organizational Commitment, and the dependent variable, namely Turnover Intention. Questionnaires were distributed to 65 employees using the quota sampling method. The data obtained were analyzed using IBM SPSS Statistics 24 software. The results of this research show that only the Organizational Commitment variable has a significant effect on the Turnover Intention variable and the other two variables have no effect on the Turnover Intention of the employees of Hotel Mitra Park View Semarang City. Riset ini untuk mengetahui dampak Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional terhadap Turnover Intention pada karyawan Hotel Mitra Park View Kota Semarang. Variabel bebas dalam riset ini terdiri dari Organizational Citizenship Behavior (OCB), Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional, dan serta variabel terikat yaitu Turnover Intention. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 65 karyawan dengan menggunakan metode quota sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 24. Hasil riset ini menunjukan bahwa hanya variable Komitmen Organisasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Turnover Intention dan dua variable lainnya tidak berpengaruh terhadap Turnover Intention pada karyawan Hotel Mitra Park View Kota Semarang. Keywords:organizational citizenship behaviorjob satisfactionorganizational commitmentturnover intention
Pengaruh EPS, DER, dan ROA terhadap Nilai Perusahaan dengan Harga Saham sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan HealthCare yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Atika Farhana Herdajanti
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to analyze the effect of Earning Per Share (EPS), Debt To Equity Ratio (DER), and Return On Assets (ROA) on firm value with stock price as a moderating variable in Healthcare companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period of 2016-2020. The data used are secondary data for the period of 2016-2020. This study used 20 companies using purposive sampling method. This research's technique used descriptive statistical tests, classical assumption tests, multiple linear regression analysis, moderated regression analysis (MRA). The results of this study indicate that Earning Per Share (EPS) has a negative and significant effect on firm value. Debt To Equity Ratio (DER) has a positive and not significant effect on firm value. Return On Assets (ROA) has a positive and significant effect on firm value. Stock Price has a positif and significant effect on firm value. Stock price can't moderate the effect of Earning Per Share (EPS) on firm value. Stock price can't moderate the effect of Debt To Equity Ratio (DER) on firm value. Stock price can't moderate the effect of Return On Assets (ROA) on firm value.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Earning Per Share (EPS), Debt To Equity Ratio (DER), dan Return On Assets (ROA) terhadap nilai perusahaan dengan harga saham sebagai variabel moderasi pada perusahaan Healthcare yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2020. Data yang digunakan adalah data sekunder periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan 20 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik penelitian ini menggunakan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis regresi moderasi (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Earning Per Share (EPS) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Debt To Equity Ratio (DER) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Return On Assets (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Harga Saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Harga saham tidak dapat memoderasi pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap nilai perusahaan. Harga saham tidak dapat memoderasi pengaruh Debt To Equity Ratio (DER) terhadap nilai perusahaan. Harga saham tidak dapat memoderasi pengaruh Return On Assets (ROA) terhadap nilai perusahaan. Keywords:earning per share (EPS)debt to equity ratio (DER)return on assets (ROA)stock pricefirm value
Pemeriksaan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret (Studi Pada Konsumen Indomaret Semarang) Indra Agung Wijaya; Mahmud Mahmud
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research is to examine the effect of corporate social responsibility, social media marketing, store area, sales promotion, and the value of profits experienced on purchasing decisions at Indomaret minimarkets. Research methods use quantitative and information collected from Indomaret consumers. The results of testing the partial t-hypothesis of store environment variables and profit values influence purchasing decisions, while CSR variables, social media marketing variables, and sales promotion variables do not have an influence on purchasing decisions. Determination coefficient value of 0.477 or 47.7%Tujuan dari riset ini utuk menguji pengaruh corporate sosial responsibility, pemasaran media sosial, area toko, promosi penjualan, serta nilai keuntungan yang dialami pada keputusan pembelian di minimarket indomaret. Tata cara riset memakai kuantitatif serta informasi yang di kumpulkan berasal dari konsumen indomaret. Hasil pengujian hipotesis t-parsial variabel lingkungan toko dan nilai keuntungan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel CSR, variabel pemasaran media sosial, dan variabel promosi penjualan tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 0,477 atau 47,7% Keywords:Corporate sosial responsibility, pemasaran media sosial, lingkungan Toko, promosi penjualan, nilai keuntungan
Faktor – Faktor Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Pada Alfamart (Studi Pada Konsumen Alfamart Di Kota Semarang) Azhararin Ratu Etria Satu; Mahmud Mahmud
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to examine the impact of the influence of social responsibility, social media marketing, sales promotion, store area and profit value on the purchasing decisions of Alfamart consumers. The research method uses quantitative research and the data collected comes from Alfamart consumers. The results of the research on the t test prove that the variables of corporate social responsibility, sales promotion, and profit value have an impact on purchasing decisions at Alfamart in Semarang city, while social media marketing and store environment variables do not have an impact on purchasing decisions. Simultaneously the variables of corporate social responsibility, sales promotion, social media marketing, store environment and profit value influence purchasing decisions. The coefficient of determination is 63.8%. Tujuan dalam riset ini guna menguji dampak pengaruh tanggung jawab sosial, pemasaran media sosial, promosi penjualan, lingkungan toko serta nilai keuntungan terhadap keputusan pembelian konsumen Alfamart. Metode penilitian menggunakan penelitian Kuantitatif dan data yang dikumpulkan berasal dari konsumen Alfamart. hasil penelitian pada uji t membuktikan variabel tanggung jawab sosial perusahaan, promosi penjualan, serta nilai keuntungan mempunyai dampak terhadap keputusan pembelian di alfamart di kota Semarang sedangkan di variabel pemasaran media sosial dan lingkungan toko tidak membawa akibat pada keputusan pembelian. Secara simultan variabel tanggung jawab sosial perusahaan, kenaikan pangkat penjualan, pemasaran media sosial, lingkungan toko serta nilai keuntungan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisiensi determinasi sebesar 63,8%.Keywords:Tanggung jawab sosial, Pemasaran media sosial, Promosi penjualan, Lingkungan toko, Nilai keuntungan
Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett Whitening Trisiska Wasitaningrum; Handy Nur Cahya
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to determine the effect of celebrity endorser, brand image, and product quality on consumer buying interest in Scarlett Whitening products. The data collection method in this study used a questionnaire in the form of a google form filled out by respondents who were at least 17 years old, had used Scarlett products at least once, and had seen Rachel Vennya review Scarlett products. Sampling of 100 respondents. In this study using a purposive sampling method. The analysis used in this study is multiple linear regression analysis. The results of this study indicate that: (1) Celebrity endorsers have no effect on consumer buying interest in Scarlett products. (2) Brand image has a positive and significant effect on consumer buying interest in Scarlett products. (3) Product quality has no effect on consumer buying interest in Scarlett products.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, brand image, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada produk Scarlett Whitening. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang diisi oleh responden yang berusia minimal 17 tahun, pernah menggunakan produk Scarlett minimal 1 kali, dan pernah melihat Rachel Vennya melakukan review produk Scarlett. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen produk Scarlett. (2) Brand image berpengaruh positif dan signifikan erhadap minat beli konsumen produk Scarlett. (3) kualitas produk tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen produk Scarlett.Keywords:Celebrity Endorser, Brand Image, Product Quality, Buying Interest
Pengaruh Price Discount, Online Customer Review dan Rating Terhadap Purchase Intention Pada Aplikasi Booking Hotel Traveloka di Jawa Tengah Kartika Dinda Kusuma Wardhani; Imam Nuryanto
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine theories regarding pice discount, online customer reviews and ratings on buying interest on the Traveloka hotel hooking application in Central Java. The population in this study is people who are interestedin using the Traveloka hotel booking application in Central Java. Determination of the sample using purposive sampling method with the number of respondents as many as 134 individuals with analytical techniques using the Statistical Package for the Science (SPSS). The result is that the price discount variable and online customer reviews have an positive effect on purchase intention on the Traveloka hotel hooking application in Central Java. Meanwhile the rating has an effect but not significant on purchase intention on the Traveloka booking application in Central Java.Penelitian ini bertujuan untuk menguji teori-teori mengenai price discount, online customer review dan rating terhadap minat beli pada aplikasi booking hotel Traveloka di Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang berminat menggunakan aplikasi booking hotel Traveloka di Jawa Tengah. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, jumlah responden sebanyak 134 individu dengan menggunakan Statistical Package for the Science (SPSS). Hasil variabel price discount dan online customer review berpengaruh positif terhadap purchase intention pada aplikasi booking hotel Traveloka di Jawa Tengah. Sedangkan rating berpengaruh namun tidak signifikan terhadap purchase intention pada aplikasi booking hotel Traveloka di Jawa Tengah. Keywords:price discount, online customer review, rating, purchase intention
Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Tax Avoidance Yusarisna Sofiani; Ririh Dian Pratiwi
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Publisher : Faculty of Economics and Business Universitas Dian Nuswantoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tax avoidance is a strategy to legally minimize the tax burden by taxpayers. This practice is mostly carried out by various types of companies, including companies in the mining sector. There are several factors that influence a company's practice of tax avoidance, including the level of profitability, leverage, and institutional ownership. The research was conducted in the 2015-2020 period. The independent variables as predictors in this study were profitability, leverage, and institutional ownership as independent variables and tax avoidance as the dependent variable. Samples were taken by considering various criteria and obtained the number of observations of 47 companies. The data used comes from the company's financial statements. The data were analyzed using multiple linear regression analysis with the help of SPSS version 25. The results of the study concluded that only the profitability variable had an effect on tax avoidance.  Tax avoidance adalah sebuah strategi untuk meminimalkan beban pajak oleh wajib pajak seacara legal. Praktik ini banyak dilakukan oleh berbagai jenis perusahaan, termasuk perusahaan sector pertambangan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi suatu perusahaan dalam melakukan praktik tax avoidance, diantaranya adalah tingkat profitabilitas, leverage, dan kepemilikan institusional. Penelitian dilakukan pada periode 2015- 2020. Variabel bebas sebagai prediktor dalam penelitian ini profitabilitas, leverage, dan kepemilikan institusional sebagai variabel bebas dan tax avoidance sebagai variabel terikat. Sampel diambil dengan mempertimbangkan berbagai kriteria dan diperoleh jumlah observasi  47 perusahaan. Data yang digunakan bersumber dari laporan keuangan perusahaan.. Data dianalisis dengan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hanya variable profitabilitas yang berpengaruh terhadap tax avoidance.Keywords:profitability, leverage, institutional ownership, tax avoidance

Page 1 of 4 | Total Record : 37