JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA GAMBAR STUDI PADA SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 1 BELO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Waliyudin (STKIP Taman Siswa Bima)
annisah (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan media gambar. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, yaitu : (1) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan perhatian pada mata pelajaran Bahasa Inggris, (2) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktifitas belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris, (3) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajara Bahasa Inggris. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil yang dicapai dalam setiap siklus, yaitu perhatian siswa dengan kriteria sangat baik pada siklus I belum ada. Siklus II 3 orang siswa (18.75%). Pada siklus III 8 orang siswa (50%). Dalam siklus III ini semua siswa sudah terfokus pada pembelajaran. Keaktifan siswa dengan kriteria sangatbaik yaitu, kriteria sangat baik menunjukkan bahwa pada siklus I belum ada, siklus II ada 5 orang siswa (31,25%), dan siklus III sudah meningkat baik yaitu ada II orang siswa (68.75%). Ini berarti menunjukkan bahwa dalam siklus III semua siswa sudah ikut aktif dalam pembelajaran setelah menerapkan pembelajaran dengan media gambar.Prestasi siswa yaitu, Siklus I jumlah siswa yang mencapai tuntas adalah 6 (37.5%) siswa dari 16 siswa, siklus II 11 (68.5%) siswa dari 16 siswa, dan pada siklus III 16 (100%) siswa dari 16 siswa atau semua siswa sudah tuntas dalam belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...