cover
Contact Name
Anita Nurgufriani
Contact Email
jurnalbahasatsb@gmail.com
Phone
+6285338894705
Journal Mail Official
jurnalbahasatsb@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pendidikan Taman Siswa No. 1 Palibelo, Bima, NTB 84173
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Published by STKIP Taman Siswa Bima
ISSN : 20880316     EISSN : 26850133     DOI : https://doi.org/10.37630/jpb
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, seperti: Pendidikan bahasa Indonesia; Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA); Pengajaran dan pembelajaran; Bahasa dalam pendidikan; Linguistik; Pengembangan kurikulum bahasa; Tes bahasa; Sastra dalam dunia pendidikan dan pengajarannya.
Articles 68 Documents
LEKSIKON ALAT PERTANIAN TRADISIONAL MASYARAKAT BIMA: PERSPEKTIF EKOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DI SD DAN PROGRAM DESA WISATA Mulyadi; Kurniawan
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, permasalahan hidup begitu kompleks. Ada peran teknologi merusak keseimbangan lingkungan. Situasi itu diperbincangkan karena kelangsungan tradisi lisan pada sosio-ekologis leksikon alat pertanian tradisonal masyarakat Bima. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: 1) bentuk dan fungsi, 2) model pembelajaran berbasis lingkungan di SD, dan 3) langkah strategis program desa wisata. Tradisi lisan ranah pertanian diasumsikan mengalami penyusutan pengetahuan karena semakin termarginalkan masyarakat pemiliknya. Penelitian kualitatif bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data wawancara, perekaman, dan catat. Hasil penelitian leksikon alat pertanian tradisional yang terdata 39 jenis, dikelompokkan menjadi: 1) dikenal istilah dan referennya (benda), 2) dikenal istilah tetapi tidak lagi memiliki referenya, 3) dikenal istilah tetapi berubah referennya, dan 4) tidak dikenal lagi istilah dan referennya. Bentuk menyesuaikan kebutuhan aktivitas pertanian, memiliki fungsi khusus: 1) pra tanam, 2) proses tanam, dan 3) pasca tanam serta fungsi umum: kebutuhan petani, perawatan tanaman dan perlindungan hewan penunjang pertanian. Pembelajaran berbasis lingkungan SD dengan belajar bermakna penguatan komunikasi guru dan siswa secara aktif, melalui: (a) penyajian pengaturan awal, (b) penyajian bahan belajar, (c) memperkuat struktur kognitif, dan (d) belajar aktif. Sementara itu, langkah program desa wisata sebagai strategis edukasi menunjang kegiatan siswa SD sehingga perlu mengedukasi dan membentuk kelompok petani dan guru.
AN ANALYSIS TRANSLATION OF WORD FORMATION FROM ENGLISH INTO INDONESIAN ON PRINCIPLES OF LANGUAGE LEARNING AND TEACHING Sholihin; M. Yani
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

There are some unproffesional translators in Indonesia. It can be proved that there are some translator are not capable enough in the source and target language and in the technique of the translation. In addition there are some translation works from indonesian into English still uses Indonesian structure. So, it can be said that the quality of the translation, especially from English into Indonesian is still questionable and unsatisfactory. The wise solution for many problems presented above is translation. Translation is the process of replacement’s meaning, message and style from one Language to another in the written form. One of the translation theories should be known by the translator is words formation. Words formation is the the way used by the translator in translating the language. The finding of this study shows that the translator uses three process on principles of language learning and teaching book. Those prosedures are derivation, compounding and acronyms. Then, almost of all process used by the translators are words formation. These inappropriateness sentence involve the structure or the grammar of the sentence.The researcher suggest to the next researcher to conduct the words formation in another object.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBACA TEXT NARRATIVE DENGAN TEKNIK KWLA (HAT I ALREADY KNOW, WHAT I WANT TO KNOW WHAT I LEARNED, AND THE AFFECT OF THE STORY) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS XII BAHASA MAN 1 WATAMPONE TAHUN 2015 ST. Sulaeha
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Claasroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Pembelajaran Membaca Text Narrative dengan Teknik KWLA (What I Already Know,What I Want To Know What I Learned, and The Affect of The Story) Siswa Kelas XII Bahasa MAN 1 Watampone. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Bahasa MAN 1 Watampone semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 14 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus setiap siklus dua kali pertemuan (dua kali tatap muka). Data diperoleh dengan menggunakan tes evaluasi hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari siklus I ke siklus II, nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 70,21 menjadi 81,36, sedangkan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari 57,14% menjadi 92,85%.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASL BELAJAR BAHASA INGGRIS POKOK BAHASAN ENCOURAGE SOMEONE MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SILENT WAY PADA SISWA KELAS XII IPS 1 MAN 1 WATAMPONE TAHUN 2016 ST. Sulaeha
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan Metode Pembelajaran Silent Way dalam pembelajaran Bahasa Inggris pokok bahasan Encourange Someone. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 MAN 1 Watampone Kab. Bone pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 26 orang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus setiap siklus dua kali pertemuan (tatap muka). Data diperoleh melalui dua instrumen, yaitu data tentang aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung yang diperoleh melalui lembar observasi dan data tentang hasil belajar siswa dengan menggunakan tes hasil belajar yang telah disediakan. Data tentang aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase siswa yang meraih nilai ketuntasan minimal dari 57,69% pada siklus I menjadi 92,31% pada siklus II. Sedangkan komponen untuk komponen aktivitas belajarnya pun juga mengalami peningkatan sebesar 41,03%. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas XII IPS 1 MAN 1 Watampone Kab. Bone dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 72,77 pada siklus I dan 82,04 pada siklus II.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA GAMBAR STUDI PADA SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 1 BELO KABUPATEN BIMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Waliyudin; annisah
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan media gambar. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, yaitu : (1) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan perhatian pada mata pelajaran Bahasa Inggris, (2) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan aktifitas belajar pada mata pelajaran Bahasa Inggris, (3) Apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajara Bahasa Inggris. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Adapun langkah-langkah dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilakukan dalam tiga siklus. Hasil yang dicapai dalam setiap siklus, yaitu perhatian siswa dengan kriteria sangat baik pada siklus I belum ada. Siklus II 3 orang siswa (18.75%). Pada siklus III 8 orang siswa (50%). Dalam siklus III ini semua siswa sudah terfokus pada pembelajaran. Keaktifan siswa dengan kriteria sangatbaik yaitu, kriteria sangat baik menunjukkan bahwa pada siklus I belum ada, siklus II ada 5 orang siswa (31,25%), dan siklus III sudah meningkat baik yaitu ada II orang siswa (68.75%). Ini berarti menunjukkan bahwa dalam siklus III semua siswa sudah ikut aktif dalam pembelajaran setelah menerapkan pembelajaran dengan media gambar.Prestasi siswa yaitu, Siklus I jumlah siswa yang mencapai tuntas adalah 6 (37.5%) siswa dari 16 siswa, siklus II 11 (68.5%) siswa dari 16 siswa, dan pada siklus III 16 (100%) siswa dari 16 siswa atau semua siswa sudah tuntas dalam belajar.
THE EFFECTIVENESS OF USING TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE TENTH GRADE OF SMK N 1 KOTA BIMA Suratman; Riana Herlina; Fitri Ningsi
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 1 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The porpose of the study was to find out whether the use of Teams Game Tournament (TGT) model will be effective to improve students’ reading comprehension in learning English at the tenth grade students of SMKN 1 Kota Bima in academic year 2015/2016. The research design was experimental research which involves two groups of students: an experimental group and control group. The two group are given different teaching treatment. There will be a pre-test before treatment is given to the experimental and control group and after the treatment were given the same instrument to the experimental and control group. The population of the research were the tent grade students of SMKN 1 Kota Bima which consist of 63 students , 32 students in the experimental group and 31 student in the control group as the sample. The research instrument were used a test. Based on data analyzed, this research applied two techniques, namely descriptive and inferential analysis. The data shown that in the pre-test result, the mean score of the experimental is 6.88 amd the control group is 6.84. it can be interpreted that the students of both groups posses equal intelligence and the resulf of the post-test, it is found that the improment of the meanc score of the experimenatal group is 0.6 points and the control group is o.16. the significance from both of the groups are higher than 0.05 and the values of probability are higher than 0.05 and the obtained t-score was higher than the critical score on the t-table (2,465>1,9996), the difference was statistically significance. This means that the null hypothesis (Ho) is rejected and the alternative hypothesis (Ha) is accepted.
Penerapan Ekstensif Reading untuk Penggembangan Kemampuan Membaca Mahasiswa Semester V Program Studi Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima 2017/2018 Annisah; Waliyudin
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Membaca adalah salah satu bagian penting dari proses mendapatkan informasi dalam pembelajaran. Kemampuan membaca mahasiswa dapat ditingkatkan dan dikembangkan dengan penerapan ekstensive reading. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan membaca mahasiswa dengan penerapan ekstensive reading. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Taman Siswa Bima. Penelitian ini dilakukan pada kelas mata kuliah Reading. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling teknik yang berjumlah 10 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya penggembangan kemampuan membaca mahasiswa pada mata kuliah reading khususnya pada level bahan bacaan atau graded reader, kecepatan membaca atau reading speed, dan level pemahaman bahan bacaan atau understanding texts level. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perkembangan kemampuan membaca pada semua mahasiswa terutama dalam aspek reading speed, peningkatan level bahan bacaan dan pemahaman dalam membaca meskipun tidak secara signifikan.
Students’ Communicative Competence: A Descriptive Study In English Education Program At STKIP Taman Siswa Bima Suratman; Dewi Ernawati; Ratnah
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Students’ Communicative Competence: A Descriptive Study in English Education Program at STKIP Taman Siswa Bima. The Objective of Study IS To describe the students communicative competence. AND To describethe factors that affect their communicative competence. In this research, the writer used qualitative descriptive method. According to Ary (1997: 219) about qualitative descriptive is design to obtain information concern the current status of phenomena and he also states that the qualitative data is described by sentences Based on the data findings above, the writer found 13 tottaly data which devided into 7 the students weakness in communicative competence especially about sociolinguistic competence and 6 factors that influences the students weakness in communicative competence especially about sociolinguistic competence. The students’ weakness in communicative competence especially about sociolinguistic competence.
Increasing Of Using Picture In Teaching Comparison Degrees Fitri Ningsi
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Objective of this research is to know the influence of using picture in teaching comparison degrees. The research design is experimental. In this research the population was the eleventh grade of SMAN I Monta in academic year 2017/2018 which consist of 144 Students from 4 classes.In this study, the writer used cluster random sampling technique to take the sample, the writer was taken two small piece of paper. The small piece of paper is roll and mixed. Then, without prejudice the writer take two small piece of paper, they are the first taken was class MIP A 3 34 students as the experimental class and the second taken MIPA 4 34 as the control class. The instrumen for this research is test. Based on the analysis data,he result showed that the null hypothesis is rejected and alternative hypothesis is clearly accepted. So, the picture has positive influence in teaching comparison degrees.
An Annotated Translation Of “Techniques And Principles In Language Teaching” (Teaching Techniques In English As A Second Language Sholihin
JURNAL PENDIDIKAN BAHASA Vol 7 No 2 (2017): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Publisher : STKIP Taman Siswa Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study is an annotated translation. The object of the study is a book which is entitled techniques and principles in language teaching by Diana Larsen – freeman. The problems of this study are: (1) “what are the difficulties encountered by the researcher when translating techniques and principles in language teaching into Indonesian, and (2) ‘how are those difficulties solved in the translation?”. The purposes of this study are: (1) to attain factual information concerning the problems faced the researcher in translating the source text; and (2) to give plausible solutions to the difficulties. In conducting this annotated translation, the researcher answers the questions that emerge in the introspective and retrospective study. The result of the study covered two main points. First, finding revealed that from the twenty five most difficult problems, eight were in the form of grammatical structures, and seventeen.