Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (PABK) merupakan mata kuliah pilihan yang ada di program studi PGSD. Salah satukebutuhan khusus yang terjadi pada anak yaitu kesulitan belajar. Salah satu strategi yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan belajar pada anak sekolah dasar adalah strategi yang dilakukan guru sekolah dasar dengan mendata tokoh lokal Mbojo yang ditulis dalam teks drama kemudian dilakukan dengan bermain peran yang dilakukan oleh peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif yang bertjuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam menulis teks drama sebagai strategi dalam menangani anak berkebutuhan khusus dengan metode bermain peran (role playing).Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang dipilih berdasarkan purposive sampling dengan kriteria yang diinginkan peneliti. Penelitian ini dilakukan dengan pengisian instrumen yang telah divalidasi oleh expert jugjement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa mampu menulis teks drama. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan: bahwa hasil tes yang dinilai dari instrumen penelitian, mahasiswa mampu menulis teks drama dengan cukup baik, hal ini ditunjukkan dalam hasil dimana 77% dengan skor nilai 59-69 dengan jumlah 11 mahasiswa mampu menulis teks drama. Sedangkan 23% dengan skor nilai 70-80 dengan jumlah 4 mahasiswa mampu menulis teks drama dengan baik
Copyrights © 2019