Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu peserta didik dan Guru bahasa Indonesia SDN Inpres Kalampa II Woha. Fokus penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode pembalajaran daring dan atau luring di tengah wabah Covid-19. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dan observasi. Teknik analisis yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan metode pembelajaran konvensional yang dilakukan secara diskusi, tanya jawab dan tatap muka secara langsung antara guru dan peserta didik menjadi pembelajaran dengan metode luring akibat pandemik wabah Covid -19 menimbulkan masalah baru diantaranya, pelaksanaan pembelajaran kurang kondusif, kesulitan guru dalam mentransfer materi pelajaran kepada peserta didik. Selanjutnya kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran khususnya materi sastra, keterbatasan sebagian peserta didik dan/atau orang tua peserta didik dalam membeli hanphone dan data internetan mengharuskan guru menggunakan metode luring dalam proses pembelajaran. Untuk menghadapi kendala tersebut, guru bahasa Indonesia SDN Rada Bolo berusaha untuk memberikan materi secara bertahap dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti untuk membantu peserta didik dalam memahami materi yang ada.
Copyrights © 2020