JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 10 No 2 (2020): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Model Bercerita untuk Siswa Sekolah Dasar

Mulyadi Mulyadi (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui model bercerita, pada siswa Kelas I SDN Samili Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian 15 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini (1) penerapan model bercerita dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa, Hal ini ditandai dengan prosentase pada indikator menunjukkan pada pra siklus diperoleh 57,5%, siklus I 59,16%, siklus II 86,66%, (2) sedangkan pada indikator menghubungkan isi cerita dengan kata-kata sendiri pada pra siklus diperoleh prosentase 38,33%, siklus I 59,16 %, siklus II 88,33%. (3) pada indikator mengurutkan isi cerita berdasarkan naskah asli menceritakan kembali isi cerita tersebut pada pra siklus 30,83%, siklus I 65,83%, siklus II 89,16%. (4) membaca beberapa paragraf dengan kalimat sederhana pada pra siklus 39,16%, siklus I 57,5%, siklus II 86,66%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...