JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 12 No 1 (2022): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD

Sholihin Sholihin (STKIP Taman Siswa Bima)
Samsudin Samsudin (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Sakuru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penghambat keterampilan membaca permulaan pada siswa kela II SDN Sakuru yang ada pada kategori tinggi yaitu faktor siswa, sekolah dan faktor guru. Berdasrkan hasil penelitian, guru hendaknya sering memberikan bacaan referensi buku mengenai pembelajaran membaca permulaan yang benar dan menyediakan media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...