JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 14 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Mengoptimalkan Penggunaan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Zahra Salsabila (Universitas Sebelas Maret)
Kundharo Saddhono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang kompleks dan memerlukan pemilihan metode pembelajaran yang tepat agar efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam konteks kurikulum merdeka, hal-hal yang berkaitan dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat menjadi krusial. Metode yang dapat digunakan adalah metode peer teaching, dimana siswa menjadi pengajar bagi teman sebayanya. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang memberi kebebasan pada peserta didiknya dalam menentukan jalannya proses pembelajaran. Oleh karena itu, pada kurikulum merdeka siswa dituntut untuk mandiri dalam belajar dan tidak bergantung pada pengarahan guru. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi penting bagi pengembangan praktik pembelajaran yang memenuhi kebutuhan peserta didik dalam meningkatkan kemandirian belajar mereka. Selain itu, temuan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi tenaga didik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dalam implementasi kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...