JURNAL PENDIDIKAN BAHASA
Vol 14 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN BAHASA

Analisis Keterampilan Menulis Karangan Eksposisi Berbantuan Media Audio Visual pada Siswa Kelas V

Vera Ironita Christiani Sihombing (Universitas Quality)
Dana Pelangi (Universitas Quality)
Lisnawati Sitanggang (Universitas Quality)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai dan merupakan kegiatan penting yang dapat membantu perkembangan kreativitas siswa. Keterampilan menulis yang dapat dilakukan siswa pada sekolah dasar adalah menulis karangan eksposisi. Namun, keterampilan menulis karangan eksposisi masih sulit untuk dikuasai oleh siswa sekolah dasar (SD). Dalam pelaksanaanya masih terdapat beberapa faktor. Faktor utama yang memengaruhi keterampilan menulis siswa adalah dari dirinya sendiri. Siswa merasa jenuh, kurangnya pengetahuan dan pendalaman tentang menulis karangan eksposisi, sehingga siswa kesulitan dalam menuangkan ide-ide dalam tulisan. Selain itu, media pembelajaran yang kurang kreatif juga dapat menyebabkan kejenuhan terhadap siswa. Guru hanya terpaku pada buku pembelajaran yang monoton. Untuk itu juga, media pembelajaran sangat dibutuhkan guna membangkitkan semangat siswa dalam belajar terutama dalam keterampilan menulis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karangan eksposisi berbantuan media audio visual pada siswa SD Kelas V di SDN 9 Sitoluhuta, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpb

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januariā€“Juni dan Juli-Desember. Jurnal ini merupakan wadah bagi pegiat pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Redaksi menerima artikel dan laporan penelitian mengenai inovasi dan perkembangan dalam pendidikan ...