Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol 9, No 2 (2023): DECEMBER 2023

Analisis Potensi Biogas Dari Limbah Tinja Sebagai Bahan Bakar Alternatif

Dea Ananda Yulia Agustin (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia.)
Sudarti Sudarti (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia.)
Yushardi Yushardi (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Gas yang dihasilkan oleh bakteri anaerobik dalam pencernaan saat mereka menguraikan bahan organik dikenal sebagai biogas. Bahan organik dalam jumlah besar yang ditemukan dalam tinja dapat diubah menjadi biogas melalui proses penguraian. Biogas yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pengganti batu bara, minyak tanah, LPG, dan bahan bakar fosil lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi biogas yang dihasilkan dari limbah tinja sebagai bahan bakar alternatif. Metode yang digunakan dalam materi ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi Pustaka. Hasil Penelitian berupa kemampuan menganalisis potensi biogas yang dapat dihasilkan dari limbah tinja sebagai bahan bakar alternatif . Kami membahas proses penguraian limbah tinja menjadi biogas dan manfaat penggunaan biogas sebagai bahan alternatif dan juga inovasi baru. Hal ini terlihat dari sumber informasi yang dilakukan dalam penelitian ini

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...