Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol 9, No 2 (2023): DECEMBER 2023

Analisis Standar Laboratorium Fisika dalam Meningkatkan Hasil Praktikum Siswa di SMAN 1 Banyuwangi

Azzurrel Lady Arafah (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Dinda Tri Ariyani (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Seka Arum Ferlita (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Ainun Fitriya Nurhasanah (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Probo Anggara (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Dea Ananda Yulia Agustin (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Lailatul Nuraini (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Alex Harijanto (Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran fisika merupakan pembelajaran yang dapat dilakukan secara teori dan secara praktik. Pembelajaran secara praktik dapat dilakukan di laboratorium fisika yang sesuai dengan ketentuan standar yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan standar laboratorium fisika dalam praktikum siswa di SMAN 1 Banyuwangi dan dampaknya terhadap hasil praktikum SMAN 1 Banyuwangi. Dengan metode pengumpulan data yaitu  observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait kurikulum. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa implementasi standar laboratorium yang tepat dan konsisten dapat meningkatkan pemahaman siswa , keterampilan praktis dan hasil praktikum mereka . Karena terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil pembelajaran berbasis praktikum di laboratorium fisika yaitu  seperti peralatan / sarana dan prasarana yang memadai, panduan praktikum yang jelas, dan pengawasan yang baik dari guru berperan penting dalam kesuksesan praktikum fisika. Penelitian ini dapat memberikan rekomendasi untuk menciptakan peningkatan kualitas praktikum fisika serta dapat berkontribusi kepada masa depan peserta didik dalam jangka panjang di SMAN 1 Banyuwangi dan sekolah-sekolah lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...