Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol 9, No 2 (2023): DECEMBER 2023

Kegiatan Pembelajaran Sains Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun

Kamtini Kamtini (Universitas Negeri Medan)
Khofifah Apriani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan pembelajaran  sains terhadap kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan. Masalah penelitian ini adalah kurangnya kegiatan pembelajaran yang dapat menarik perhatian anak sehingga mengakibatkan perkembangan kognitif anak rendah. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan kecamatan Padang Sidempuan Selatan. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksprimen dengan menggunakan desain pre-test dan post-test. Rangkaian penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan pembelajaran sains berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dengan rata-rata skor pre-test 32,67 dan rata-rata post-test 61,3. Data uji normalitas pre-test 0,0329 dan post-test 0,0322 < tabel L (Liliefors) 0,161 hasil data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Data uji homogenitas pre-test dan post-test  1,08 < tabel F (Fisher) 1,875  hasil data pre-test dan post-test berdistribusi homogenitas. Hasil uji T menunjukkan bahwa Thitung = 9,90 karena dk = 30-2=28, taraf signifikan 0,05 maka Ttabel = 1,70. Maka Thitung > Ttabel = 9,90 > 1,70. Dengan demikian bahwa kegiatan pembelajaran sains berdampak signifikan terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di RA Al-Quran Dina Padang Sidempuan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...