Manajemen kepala sekolah merupakan proses merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengawasi seluruh sumber daya sekolah dalam rangka meningkatkan kinerja guru secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses perencanaan; (2) Pelaksanaan proses pengorganisasian; (3) Pelaksanaan program; dan (4) Pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari; kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, ketua kelompok kerja guru dan pengawas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses perencanaan yang dirancang oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi pembentukan Tim Penilai Kinerja Guru, menetapkan Surat Keputusan Tim Penilai Kinerja Guru dan Sosialisasi program; (2) Pelaksanaan proses pengorganisasian diawali dengan pembentukan tim pengembang yang bertugas mengatur jadwal dan kegiatan awal organisasi, menentukan mekanisme pelaksanaan organisasi meliputi jadwal, materi, tutor pemandu dan sertifikat; (3) Pelaksanaan program kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru meliputi peningkatan disiplin dengan menentukan jadwal hadir pukul 07.00-07.15, menugaskan guru piket mengisi Laporan Kegiatan Harian. Peningkatan motivasi diisi dengan berbagai pelatihan termasuk pemberian reward and punishment. Supervisi dilaksanakan sesuai jadwal dan instrumen yang telah disosialisasikan; (4) Pengawasan yang dilaksanakan mencakup monitoring dan evaluasi program disiplin dan motivasi guru secara berkala dan program supervisi yang dilaksanakan dalam satu semester sebanyak dua kali atau empat kali setahun.
Copyrights © 2024