Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 7 (2018): Jurnal Kreatif Tadulako Online

PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IVB SD INPRES LOLU KECAMATAN SIGI BIROMARU

Fitriana, Fitriana (Unknown)
H. Juraid, H. Juraid (Unknown)
Kapile, Charles (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran IPS di SD Inpres Lolu, khususnya di kelas IV. Dari tujuan tersebut penelitian ini memberikan manfaat sebagai berikut: 1) menumbuhkan sikap percaya diri, 2) menumbuhkan kreativitas dan melatih siswa untuk bekerja sama dalam memecahkan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus tahun 2015 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang pada siswa kelas IV SD Inpres Lolu yang dilaksanakan dalam dua siklus yang mana pada setiap siklus dilaksanakn berdasarkan tahapan penelitian sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini meningkatkan kerjasama siswa melalui penerapan metode pemberian tugas dalam proses pembelajaran. Hasil Penelitian yang dilakukan di kelas IV SD Inpres Lolu sebanyak dua siklus menunjukkan hasil bahwa pada dasarnya penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kerjasama siswa yang didasari pada perolehan rata-rata persentase pada siklus II, dimana aspek keaktifan siswa mencapai 88%, keberanian mengemukakan pendapat mencapai 62%, menghargai pendapat orang lain mencapai 80%, dan memotivasi anggota kelompok mencapai 84%.   Kata Kunci :Metode Memberian Tugas, Pembelajaran IPS.

Copyrights © 2018