Jurnal Agriyan : Jurnal Agroteknologi Unidayan
Vol 9 No 1 (2023): Maret, 2023

Pengaruh Kombinasi Pupuk Organik Padat dan ZPT Growtone Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Kencur (Kaempferia galangal L.)

Hasfiah Hasfiah (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Rahmatia Rahmatia (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kombinasi pupuk organik padat dan ZPT growtone terhadap pertumbuhan bibit tanaman kencur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Juni 2022 yang berlokasi di kebun percobaan program studi agroteknologi Kelurahan ngkari-ngkari kecamatan bungi Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola satu faktor yang terdiri atas 5 taraf perlakuan yaitu P0 (tanpa pupuk), P1 (Pupuk Kandang sapi 150 gram/ Polibag + ZPT 1 gram/10 ml), P2 (Pupuk Kandang kambing 150 gram/ Polibag + ZPT 1 gram/10 ml), P3 (Pupuk Kandang ayam 150 gram/ Polibag + ZPT 1 gram/10 ml), dan P4 (Pupuk Kandang Babi 150 gram/Polibag + ZPT 1 gram/10 ml). Parameter yang diamati meliputi umur munculnya tunas, jumlah anakan, dan jumlah daun. hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa perlakuan kombinasi pupuk organik padat dan ZPT growtone memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah anakan tetapi tidak dengan umur muncul tunas, dan jumlah daun pada tanaman kencur. Adapun perlakuan terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman kencur diperoleh pada perlakuan P2 (Pupuk Kandang kambing 150 gram/ Polibag + ZPT 1 gram/10 ml) dan P4 (Pupuk Kandang Babi 150 gram/ Polibag + ZPT 1 gram/10 ml) dengan rata-rata jumlah anakan yaitu 2.67 anakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

agriyan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Agriyan merupakan media cetak dan online untuk publikasi tulisan asli hasil penelitian yang mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review), dan analisis kebijakan yang terbit dua nomor dalam setahun pada bulan Maret dan September. Bidang ilmu yang dikaji dan dipresentasikan dalam ...