Jurnal Agriyan : Jurnal Agroteknologi Unidayan
Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Agriyan : Jurnal Agroteknologi Unidayan

Pengaruh Pemberian Pupuk Hayati dan Pupuk Kandang Kambing Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kubis (Brassica oleracea L)

Anggia Anggia (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Vinarti Vinarti (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk hayati dan pupuk kandang kambing terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kubis. Penelitian ini di laksanakan pada bulan April sampai bulan Juli 2023, yang berlokasi di Desa Mata, Kecamatan Kambowa, Kabupaten Buton Utara. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 3 ulangan, yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama H0 = Kontrol (tanpa pupuk hayati), H1 = Menggunakan pupuk hayati 250 ml/tanaman, H2 = Menggunakan pupuk hayati 500 ml/tanaman, dan H3 = Menggunakan pupuk hayati 750 ml/tanaman. Faktor kedua K0 = Kontrol (tanpa pupuk kandang kambing), K1 = Menggunakan pupuk kandang kambing 250 gr/tanaman, K2 = Menggunakan pupuk kandang kambing 500 gr/tanaman, dan K3 = Menggunakan pupuk kandang kambing 750 gr/tanaman. Data hasil pengamatan diolah secara statistik. Jika hasil analisis berpengaruh nyata maka akan di uji lanjut dengan BNJ dengan taraf 95%. Parameter yang diamati yaitu jumlah daun (helai), tinggi tanaman (cm), diameter krop (cm), dan berat segar krop (kg). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk hayati dan pupuk kandang kambing berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman kubis (Brassica oleracea L).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

agriyan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Agriyan merupakan media cetak dan online untuk publikasi tulisan asli hasil penelitian yang mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review), dan analisis kebijakan yang terbit dua nomor dalam setahun pada bulan Maret dan September. Bidang ilmu yang dikaji dan dipresentasikan dalam ...