Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa di SD

Dwi Viora (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Putri Hana Pebriana (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Guru mempunyai tanggung jawab membina keterampilan berbicara para siswanya. Pembinaan ini tidak dilakukan tersendiri melainkan terpadu dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Keterampilan berbicara merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan seorang anak karena dengan berbicara anak dapat mengungkapkan keinginan dan pemikirannya mengenai sesuatu kepada orang lain. Pemilihan model yang tepat dapat mendukung tercapainya suatu tujuan pengajaran. Talking Stick adalah salah satu model pembelajaran yang sangat kental dengan unsur permainan. Adapun tujuan dari model pembelajaran Talking Stick, yaitu: (1) melatih siswa agar berani berbicara atau mengeluarkan pendapatnya, (2) meningkatkan aktivitas siswa selama pembelajaran, (3) membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak menegangkan, (4) melatih mental siswa agar lebih berani saat dihadapkan dengan sebuah pertanyaan, dan (5) mendidik siswa agar mampu bergotong-royong dalam memecahkan masalah dengan teman- temannya. (6) menambah kosakata bahasa anak. Model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran mempunyai tujuan untuk membangun aktivitas siswa sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Oleh karena itu, model Pembelajaran ini sangat cocok diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...