Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 1 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas X MAS Tarbiyah Islamiayah Hamparan Perak

Suci Ananda Retno (Universitas Pembangunan Panca Budi)
Rustam Ependi (Universitas Pembangunan Panca Budi)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Peneliti menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena di lapangan, budaya informal. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik analisis yaitu reduksi, display dan verifikasi. Penelitian ini mendeskripsikan secara luas dan mendalam keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas X MAS Tarbiyah Islamiayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran SKI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat memberikan semangat belajar pada siswa, dapat meningkatkan kreativitas guru dan siswa. Siswa aktif mencari literatur diskusi yang akan dibahas dalam diskusi kelompok. Diharapkan kepada guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran, karena melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terbukti efektifdalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...