Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Permainan Spelling Bee Untuk Meningkatkan Kosakata Siswa Di Kelas Delapan Smp Negeri 7 Pematangsiantar. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif, peneliti ini akan menggunakan Quasi Experimental Design seperti yang dikemukakan oleh John W. Creswell pada tahun 2012. Peneliti memilih Kelas VIII-7 yang terdiri dari 32 siswa untuk menjadi bagian dari kelompok eksperimen, sedangkan Kelas VIII-9 , juga terdiri dari 32 siswa, dimasukkan ke dalam kelompok kontrol. Merujuk pada pembahasan bab sebelumnya, terlihat bahwa penggunaan Spelling Bee Game berpotensi meningkatkan pemahaman kosakata siswa. Awalnya, performa siswa dalam tes kosakata di bawah standar sebelum mereka mulai menggunakan Permainan Spelling Bee. Namun, situasi ini menunjukkan peningkatan yang signifikan setelah diperkenalkannya permainan seperti yang ditunjukkan oleh nilai post-test siswa. Hasil pasca-tes ini melampaui skor pra-tes, dan secara efektif menunjukkan pengaruh menguntungkan permainan ini terhadap keterampilan kosa kata siswa. Mengintegrasikan Permainan Spelling Bee ke dalam praktik pendidikan memainkan peran penting dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang kata-kata dan, akibatnya, meningkatkan kemahiran kosa kata mereka. Hal ini didukung dengan hasil uji t sebesar 2,967 melampaui nilai t tabel kritis sebesar 1,671. Hal ini berarti diterimanya hipotesis alternatif yang menunjukkan bahwa permainan Spelling Bee efektif meningkatkan kosakata siswa SMP N 7 Pematangsiantar, sekaligus menolak hipotesis nol.
Copyrights © 2024