Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning berbasis Media Sticky Notes untuk meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa kelas IV Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Luas dan keliling Bangun Datar Di SDN Mranggon lawang 1

Lailatul Fitriyah (Universitas Panca Marga)
Ribut Prastiwi Sriwijayanti (Universitas Panca Marga)
Shofia Hattarina (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2024

Abstract

Kemampuan numerasi sangat perlu khususnya dalam menjalani hidup sehari-hari, karena keterampilan berhitung merupakan keterampilan penalaran yang diperlukan untuk mengambil keputusan sehari-hari. Ketika siswa dibimbing secara metodis melalui analisis dan penciptaan materi, pembelajaran berbasis proyek dapat membantu mereka meningkatkan keterampilan numerasi matematika mereka. Berdasarkan konteks yang terjadi maka pada Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan Numerasi siswa melalui model pembelajaran project based learning, serta menjelaskan kendala dan solusi dalam penerapannya. Jenis dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) model (Kemmis dan Mc.Taggart 2006:03) yang mencakup 4 tahapan yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan metode penelitian mengumpulkan data yang yaitu observasi, dokumentasi juga wawancara. Hasil dari studi memaparkan bahwa pendekatan pembelajaran Project Based Learning berbasis media sicky notes bisa meningkatkan kemampuan numerik siswa. Bisa terlihat dari siklus pertama sebesar 50% dengan rat-rata nilai 67 dan mengalami peningkatan menjadi 83% dengan rata-rata nilai 75 siklus kedua. Peningkatan secara seluruhnya menjadi 33% dari siklus I sampai siklus II. Dari hasil penelitian di atas dapat peneliti memberikan saran kepada pihak di sekolah tentunya bagi guru untuk menggunakan Model pembelajaran yang efektif dan menarik perhatian siswa agar kemampuan numerasi siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kata Kunci: Project Based Learning, numerasi, matematika

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...