Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Kahoot: Alternatif Media Pembelajaran yang Menyenangkan Bagi Siswa Kimia Pada Materi Koloid

Artika Artika (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Ira Mahartika (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Irdamisraini Irdamisraini (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2024

Abstract

Pada penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya media pembelajaran interaktif yang digunakan dalam proses mengajar. Sehingga pemilihan dan pemanfaatan media yang tepat serta menarik dapat berdampak positif terhadap keberhasilan belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini hanya untuk melihat persepsi siswa terhadap penggunaan kahoot pada materi koloid. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling pada 50 orang siswa kelas XI IPA SMAN 2 Singingi Hilir. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa SMAN 2 Singingi Hilir memiliki persepsi yang baik dalam penggunaan kahoot dengan persentase akhir 79%. Adapun implikasi dari penelitian dengan adanya penggunaan kahoot dapat memberikan manfaat dan pengalaman baru terhadap proses pembelajaran bagi guru dan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...