Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 05 Pontianak

Assyfa Husni Ba’abduh (Universitas Tanjungpura)
Endang Purwaningsih (Universitas Tanjungpura)
Witarsa Witarsa (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar yang dimiliki siswa SMA Negeri 05. Jenis atau bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan guru di SMA Negeri 05 Pontianak dan dokumen absensi siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kemandirian siswa di SMA Negeri 05 Pontianak cukup baik. Dilihat dari kesadaran pada saat kedatangan, ketepatan waktu pengumpulan tugas, kesadaran mengerjakan tugas tanpa arahan dan mencari sendiri sumber materi pembelajaran. Padahal ada beberapa faktor penghambatnya, baik dari dalam seperti bangun kesiangan, maupun dari luar yaitu kehabisan kuota atau hp rusak. Diharapkan kepada guru dan sekolah untuk lebih memperhatikan kemandirian belajar siswa agar tidak mengabaikan tugasnya sebagai siswa. Begitu pula bagi siswa agar merasa mandiri terhadap orang lain, mempunyai inisiatif, sadar tanggung jawab, mempunyai disiplin, mempunyai rasa percaya diri dan mampu mengendalikan diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...