Manajemen kearsipan memiliki peranan sebagai pusat ingatan, sumber informasi serta alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi dalam rangka melaksanakan segala kegiatan, baik pada kantor-kantor lembaga Negara, Swasta dan Perguruan Tinggi. Dalam proses penyajian informasi agar pemimpin dapat membuat keputusan dan merencanakan Kebijakan, maka harus ada sistem dan prosedur kerja yang baik dibidang kearsipan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kearsipan pada Bagian Administrasi di Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, hasil observasi dan wawancara dianalisis dan diuraikan berdasarkan data-data yang diperoleh di lapangan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa implementasi manajemen kearsipan pada bagian Administrasi di Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar dapat dikatakan belum cukup baik, hal ini dapat dilihat dari Penciptaan, Penyimpanan, Pemanfaatan, Pemindahan, Penyimpanan, Perawatan, Penemuan, Penyusutan dan pemusnahan arsip yang belum maksimal dalam pelaksanaannya. kendala dalam implementasi manajemen kearsipan pada bagian Administrasi di Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar diantaranya jumlah arsip yang meningkat membuat ruang penyimpanan menjadi penuh. Kata Kunci: implementasi; manajemen; kearsipan.
Copyrights © 2024