Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Increasing Students’ Ability in Identifying Information of Reading Text Through Collaboration Learning

Julita Malau (Universitas HKBP Nommensen)
Rina Octavia Simarmata (Universitas HKBP Nommensen)
Febrika Dwi Lestari (Universitas HKBP Nommensen)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Kemampuan Membaca adalah pemahaman terhadap kata-kata tertulis, pemahaman terhadap isi yang dibaca, dan konstruksi makna tekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemahaman membaca siswa dapat ditingkatkan setelah diajar dengan strategi pembelajaran kolaboratif. Desain penelitian pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data diambil dari tes membaca siswa pada teks deskriptif, observasi, dokumentasi, dan lembar angket. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Swasta HKBP Sidorame Medan yang mempunyai dua kelas dengan jumlah siswa yang sama di setiap kelasnya. Pada kelas VII, siswa SMA Swasta HKBP Sidorame Medan berjumlah 30 orang. Penulis mengambil sampel kedua kelas yang berjumlah 30 siswa. Data menunjukkan bahwa, masih banyak siswa kelas dua belas yang mengalami kesulitan dalam kemampuan membaca. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber kualitatif dan kuantitatif. Lembar observasi, dokumentasi, dan lembar angket digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Data kuantitatif berasal dari pre-test, siklus I, dan siklus II berupa tes pemahaman membaca. Total nilai siswa pada setiap tes adalah sebagai berikut: pada pre-test 64,53, pada post-test siklus I 83 ,41, dan pada post-test siklus II 96,6. Berdasarkan nilai siswa pada setiap tes, penulis menemukan bahwa rata-rata nilai siswa pada setiap siklus meningkat dari 59%, 68,8%, menjadi 80,4%. Setelah menggunakan pembelajaran kolaboratif dalam mengajar kemampuan membaca, penulis menemukan bahwa nilai rata-rata siswa pada post-test II berada di atas KKM. Artinya penerapan strategi pembelajaran kolaboratif memang dapat membantu mengatasi permasalahan dan meningkatkan skor kemampuan membaca siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...