Jurnal Bakti Nusantara
Vol. 1 No. 1 (2023): Jurnal Bakti Nusantara

Sosialisasi Pemanfaatan Tanaman Herbal Kunyit Sebagai Alternatif Pencegahan Penyakit Dan Peningkat Daya Imun Tubuh di MTs Ar-Ridha

Ainil Fithri Pulungan (Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)
Haris Munandar Nasution (Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)
Zulmai Rani (Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)
Supiyani Supiyani (Program Studi Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2023

Abstract

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki prospek unuk dikembangkan, namun permasalahan dalam pemanfaatan dan pengolahan kunyit masih terbatas terutama pada kalangan muda. Untuk mengatasi masalah ini perlu dilakukan kegiatan sosialisasi untuk memberikan informasi terkait manfaat tanaman herbal kunyit dan pengolahannya. Kegiatan ini dilakukan di Yayasan Pendidikan Ar-Ridha tepatnya di MTs Ar-Ridha Desa Sidomulyo Kecamatan Biru-biru. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan sosialisasi agar generasi muda memiliki pengetahuan tentang manfaat dari tanaman herbal seperti kunyit yang biasa di gunakan sebagai bumbu penyedap masakan, bahwasanya selain menjadi bumbu masakan, kunyit juga dapat dimanfaatkan sebagai penangkal radikal bebas dan dapat meningkatkan daya imun tubuh ketika diolah menjadi minuma herbal (jamu). Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah sosialisasi. Hasil kegiatan yang sudah dilakukan bahwa sekitar 80% siswa/i MTs Ar-ridha memiliki tanaman herbal dengan jenis yang berbeda-beda pada pekarangan rumah. Dan tanaman kunyit memiliki tingkat persentasi kedua yang diminati setelah tanaman sereh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JBN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Medicine & Pharmacology Other

Description

Jurnal Bakti Nusantara adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada masyarakat dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal Bakti Nusantara meliputi hasil-hasil ...