IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): 2024

Integrasi Teknologi Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Merdeka

Unik Hanifah Salsabila (Universitas Ahmad Dahlan)
Muhammad Rifki (Universitas Ahmad Dahlan)
Tira Oktavianda (Universitas Ahmad Dahlan)
Annisa (Universitas Ahmad Dahlan)
Dzaky Fauzan Abid (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2024

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang menuntut kemajuan pada media pembelajaran yang digunakan saat ini. Hal tersebut menjadi kabar baik untuk pembelajaran di era sekarang yaitu kurikulum merdeka. Namun pendidikan Islam masa kini memiliki masalah seperti guru yang kesulitan dalam memberikan materi karena rumit dan terhalang oleh waktu pelajaran yang telah ditentukan. Penyebabnya antara lain karena minimnya kompetensi pendidik dalam mengimplementasikan teknologi seperti media pada pembelajaran agar menjadi efektif dan menarik antusias peserta didik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana integrasi antara teknologi pendidikan agama islam dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tidak lepas dari penggunaan teknologi. Hal tersebut dikarenakan peran teknologi sangat besar dan penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Pernyataan tersebut senada dengan konsep dalam pembelajaran kurikulum merdeka yang mengintegrasikan pengetahuan, literasi, keterampilan, sikap, serta penguasaan teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...