Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 3 (2023): Volume 08 No. 3 Desember 2023

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PERKALIAN BERSUSUN SISWA KELAS III SDN 1 NGASEM

Alma Dwi Novita Sari (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Wulan Sutriyani (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2023

Abstract

Proses pembelajaran matematika masih diperlukan penjelasan secara berulang mengenai materi perkalian. Sehingga kurangnya peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal materi perkalian bersusun. Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja, pembelajaran masih berpusat pada guru. Sehingga perlunya adanya media pembelajaran yang membanu yaitu media pembelajaran flashcard berbasis digital. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Metode penelitian kuantitatif yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest-postest design. Pengumpulan data peneliti menggunakan tes hasil belajar. Untuk instrumen penelitian menggunakan soal tes. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis dengan SPSS. Hasil penelitian bahwa sebelum pretest banyak peserta didik yang kurang dari KKM kemudian setelah diberikan perlakuan berupa media pembelajaran flashcard berbasis digital hasil postest menunjukan banyaknya peserta didik yang mencapai KKM. Dimana juga telah dilakukan analisis data hasil uji normalitas menunjukan bahwa nilai signifikannya 0,109 > 0,05 lebih besar artinya terdapat pengaruh. Uji hipotesis menujukan uji-t 4,400>0, 3598 dan terakhir uji-f 0,000<0,05. Menunjukan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran flashcard berbasis digital dalam pembelajaran matematika materi perkalian bersusun. Kata Kunci: Matematika, Perkalian, Flashcard Berbasis Digital

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...