Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 8 No. 3 (2023): Volume 08 No. 3 Desember 2023

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DISPLAY PAPAN BULETIN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA DI SDN 2 SUKOBENDU

Yuana Sovia Rini (Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Arfian Mudayan (PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Humairah (PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Lamongan)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang sudah diterapkan di tingkat sekolah dasar sudah sangat beragam, namun dilihat dari penggunaanya belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media display papan buletin pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 di SDN 2 Sukobendu. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan kisi-kisi instrumen penelitian untuk mengumpulkan data yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, analisis data dan penafsiran data. dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Langkah pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru kelas 3 dalam penggunaan media display papan buletin belum sepenuhnya sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Terlihat dari observasi kedua yang dilakukan oleh peneliti, dimana guru belum maksimal dalam mempersiapkan media display papan buletin yang akan digunakan. Metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariatif sehingga proses penyampaian materi dengan menggunakan media display papan buletin kurang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...