Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola hubungan guru murid yang tertulis dalam kitab Ta’lim al-muta’allim; Penelitian ini menggunakan Metode Riset Perpustakaan (library research) dengan Teknik Analisis Diskriptif Kualitatif dan Analisis Holistik. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan deduktif dan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa pemikiran al- Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim, yang memberi acuan terhadap pola hubungan guru dan murid, yaitu: Murid tidak akan memperoleh ilmu yang manfa’at tanpa adanya pengagungan dan pemuliaan terhadap ilmu dan orang yang mengajarnya (guru), menjadi semangat dan dasar adanya penghormatan murid terhadap guru; Posisi guru yang mengajari ilmu, walaupun hanya satu huruf dalam konteks keagamaan disebut sebagai bapak spiritual, sehingga kedudukan guru sangat terhormat dan tinggi yang memberi konsekwensi bagi sikap dan prilaku murid sebagai manifestasi penghormatan terhadap guru baik dalam lingkungan formal maupun non formal; Tingginya ilmu yang dimiliki oleh guru, menjadikan fungsi guru seperti dokter, menunjukkan nilai kepercayaan dan pentingnya nasehat bagi murid dalam mencapai tujuan belajar yang optimal.
Copyrights © 2022