Dinamika Informatika
Vol 5, No 1 (2015): Jurnal Dinamika Informatika

GAIRAH E-BISNIS UNTUK MENGANGKAT PRODUK UNGGULAN DAERAH (PUD) DI TIAP DAERAH DI INDONESIA

Nurastuti, Wiji ( STMIK Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2015

Abstract

Penerapan e-bisnis pada UKM diharapkan dapat membantu meningkatkan atau memperkuat eksistensi UKM di era Informasi dan perdagangan Global. Industri teknologi Informasi melihat kegiatan perdagangan ini sebagai aplikasi dan merupakan penerapan dari e-bisnis (e-Business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction Processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll. Dalam SIM ini didukung oleh perangkat teknologi yang bisa membantu penyajian Informasi secara cepat dan mudah dimengerti sehingga setiap daerah akan lebih mudah mendapat Informasi dalam rangka mengambil keputusan dalam penetapan produk unggulan daerah (PUD) . Dalam kajian ini,akan lebih ditekankan pada pengadopsian teknologi oleh usaha kecil menengah (UKM) dalam menjalankan roda usahanya yang diterapkan pada manajemen keuangan, SDM, akuntansi sampai dengan pemasaran dan penjualan produk dari UKM yang dijadikan sebagai  produk unggulan di daerahnya masing-masing. produk unggulan itu setiap tahun selalu mendapat evaluasi. Bahkan penetapannya bisa berubah-ubah sesuai dengan tren dan perkembangan pasar. Selain itu dukungan regulasi itu akan lebih menguatkan pembinaan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terlibat di bidangnya. Sehingga pengembangan produknya akan semakin jelas dan terarah.

Copyrights © 2015