Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 122373 Nagori Bosar Nagahuta Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket). Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian yaitu bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 122373 Nagori Bosar Nagahuta Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023 yaitu nilai signifikan 0,103 > 0,05. Dalam penelitian ini nilai R Square sebesar 0,430 x 100% yang artinya pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) sebesar 43% dan selebihnya 57% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini.
Copyrights © 2023