Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
Vol. 1 No. 2 (2023): P3JI - MEI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKL SMKN 1 PEMATANG SIANTAR T.A. 2022/2023

Lusiana Natalia Nadeak (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Ekonomi)
Herlina Hotmadinar Sianipar (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Ekonomi)
Anton Luvi Siahaan (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Program Studi Pendidikan Ekonomi)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui besarnya perbedaan hasil belajar Administrasi Pajak siswa kelas XI AKL yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dan model konvensional di SMKN 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Sehingga yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada perbedaan hasil belajar Administrasi Pajak siswa kelas XI AKL yang diajar menggunakan model pembelajaran Probing Prompting dan model konvensional di SMKN 1 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang membedakan hasil belajar siswa yang menggunakan model Probing Prompting dengan model konvensional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AKL SMKN 1 Pematang Siantar 2022/2023 yang terdiri dari 3 kelas. Dengan teknik nonprobability sampling, diperoleh sampel penelitian kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dengan bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi instrumen.Dari hasil data penelitian diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Chi Kuadrat ditemukan bahwa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari uji homogen kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Di uji homogenitas Fhit=1,34 <Ftab yaitu 1,84 dengan taraf kepercayaan artinya kedua kelompok sampel homogen. Dari hasil analisis data diperoleh rataan = 82 untuk kelas eksperimen, serta rataan 76,3 untuk kelas kontrol. Artinya rata-rata siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata siswa di kelas kontrol. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thit 1,94. Maka dapat disimpulkan bahwa rataan kedua sampel berbeda secara sifnifikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

p3ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi ...