Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PPKn di UPTD SDN 121248 Pematang Siantar. Hasil belajar merupakan proses menilai sejauh mana siswa menguasai pelajaran setelah proses belajar. Faktor eksternal adalah salah satu komponen yang mempengaruhi hasil belajar. Faktor eksternal yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua. Penelitian ini melibatkan 30 orang tua dan 30 siswa sebagai populasi dan sampel. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisoner atau angket. Dalam penelitian ini mengunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linear sederhana, statistik deskriptif dan pengujian hipotesis analisis denagn uji t. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PPKn di UPTD SDN 121248 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2023