Penulisan Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya Pengaruh Media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Tema 3 Subtema 1 di SD Negeri 091287 Panei Tongah Kabupaten Simalungun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design Pre-Experimental dengan metode One Group Pretest – Posttest yang dilaksanakan di SD Negeri 091287 Panei Tongah pada siswa kelas IV dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 21 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan test sebanyak 2 kali yaitu pretest-posttest. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Analisis Statistik Descriptive dan Analisis Statistic Inferensial . Pengujian hipotesis penelitian menggunakan Uji-t One Group Sampel, serta untuk melihat tingkat efektivitas pengaruh media kartu huruf dilakukan dengan menggunakan Uji N-Gain Score. Hasil akhir penelitian menunjukkan terdapat Pengaruh Media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV, dengan hasil analisis uji hipotesis yang menunjukkan t-hitung (19,989) sedangkan nilai t-tabel (2,086), karena t-hitung > t-tabel maka terbukti bahwa terdapat Pengaruh Media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV dengan tingkat efektivitas berdasarkan hasil uji N-Gain untuk data pretest dan postest adalah 0,7269 Nilai N-Gain harus berada pada interval G setidaknya 0,70, atau memenuhi kriteria tinggi yaitu cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Tema 3 Subtema 1 di SD Negeri 091287 Panei Tongah Kabupaten Simalungun.
Copyrights © 2023