Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran matematika dalam materi operasi hitung bilangan bulat kelas VI SD Inpres 094178 Bumirejo Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design yang terdiri dari kelas eksperimen. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Inpres 094178 Bumirejo. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Inpres 094178 Bumirejo yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa pretest dan posttest soal pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Hasil uji t diperoleh bahwa mean dari data nilai hasil uji t yaitu 27,250 dan hasil akhir uji-t sebesar 17,478 dengan klasifikasi tinggi. Taraf signifikan yang diperoleh yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa model Problem Solving berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran matematika dalam materi operasi hitung bilangan bulat kelas VI SD Inpres 094178 Bumirejo Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2023