Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Role Playing dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X.1 SMAN 11 Pandeglang Banten Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Indikator keberhasilan dinyatakan apabila hasil tes formatif siswa ≥ 75 atau sesuai dengan KKM yang diterapkan, atau minimal siswa lebih dari 75% dikatakan tuntas. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, maka diperoleh rata-rata hasil tes pada prasiklus adalah 69,22 (38,70%) atau sekitar 12 orang yang tuntas. Pada siklus I rata-rata hasil tes akhirnya adalah 80,83 (80,86%) atau sekitar 26 orang yang tuntas, dan pada siklus II rata-rata hasil tes pada prasiklus adalah 83,38 (100%) semua siswa telah tuntas. Hasil pengamatan aktifitas dalam kegiatan diskusi mengalami peningkatan pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 62,98% dan aktivitas diskusi meningkat pada siklus II menjadi sebesar 85,97%.
Copyrights © 2024