cover
Contact Name
Usep Saepul Mustakim
Contact Email
serumpunmendidik@gmail.com
Phone
+6287773362340
Journal Mail Official
serumpunmendidik@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Syekh Manshur Jalan Raya Labuan Kilometer 5 Kadulisung Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten Indonesia, 42253.
Location
Kab. pandeglang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
ISSN : -     EISSN : 30473535     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik (SM) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur. Jurnal ini dapat dijadikan sebagai wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti pada semua bidang ilmu pendidikan. Jurnal SM ini terbit perdana pada tahun 2024 dan terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari (Semester Ganjil) dan Juli (Semester Genap) dengan harapan dapat memberikan kemudahan bagi Author untuk submit tulisan hasil penelitian terbaiknya disini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW Darul Barokah, Fujiana, Syifa Hayati, Rifki Arif Nugraha, Yeni Sulaeman
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 1, Januari (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belajar adalah proses yang dilakukan seseorang untuk mengubah tingkah lakunya secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Ide ini terdiri dari dua komponen: upaya untuk menguasai dan sesuatu yang baru yang diperoleh dari aktivitas belajar. Belajar biasanya dilakukan oleh dua orang, yaitu guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif jigsaw memiliki dampak yang lebih besar pada hasil belajar matematika siswa kelas IV materi pecahan di SDN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain eksperimen quasy.  Penelitian ini melibatkan 10 siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teori Kemmis & Mc. Taggart dan menggunakan siklus perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, serta pendekatan kuantitatif dan kualitatif.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi pecahan mata apelajaraan Matematika, siswa kelas IV SDN MUNJUL 2. Hasil Nilai rata-rata  hasil belajar siswa diawal pembelajaran 60,00 dengan ketuntasan klasikal 33,33%, pada siklus I menjadi 65,00 dengan ketuntasan klasikal 55,55%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal 77,77%.
ANALISIS KESULITAN SISWA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KEPADA SISWA KELAS V SDN CURULANGLANG 1 Lulu Lutfiah Fitria, Lusianti Solihah, Titi Andriyani, Ismi Widyaningrum, Ratna Dewi
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 1, Januari (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik. Namun dalam proses pembelajaran, siswa cenderung sulit untuk mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika, menganalisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika, dan mengeksplorasi faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, angket, tes, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa paling tertinggi terdapat pada melaksanakan pemecahan masalah matematika. Sedangkan kesalahan siswa terendah terdapat pada mengecek kembali pemecahan masalah. Sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, melakukan penghitungan matematika, gaya belajar guru yang diterapkan, dan kurangnya respons siswa. Selain itu, kesulitan siswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masih banyak permasalahan terkait dengan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOVERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Baharudin Suryadi, Agus Bahtiar, Rifaldi Martin, Asep Saefullah Kamali, Usep Saepul Mustakim
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 1, Januari (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan merupakan sebuah konsep kegiatan pembelajaran yang membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika pada materi operasi hitung bilangan bulat yang diajarkan dengan berusaha memakasimalkan peran aktif siswa terutama pengetahuan yang dimilikinya dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses pembelajaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami, bukan mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa. Kualitas pembelajaran lebih dipentingkan dari pada hasil. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dengan tujuan adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi operasi bilangan bulat melalui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw pada siswa kelas VI SDN Bojongmanik 2. PTK ini dilakukan dalam tahapan 2 siklus, dan dari hasil tindakan yang sudah dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil/prestasi belajar siswa baik dari segi ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu pada siklus I sebesar 28,6 % dapat meningkat menjadi 85,7% pada siklus II, maupun dari segi nilai rata-rata hasil evaluasi yakni pada siklus I sebesar 67,6 menjadi 81,1 pada siklus II, ini berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari presentase yaitu 57,1℅.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MEDIA QUIZIZ MODE KERTAS DI SDN MUNJUL 1 M. Ferdi, Ida Laela, Syifa Mutia, Linda, Badri Munawar, Asep Budi
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 1, Januari (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada materi pengukuran sudut bangun datar. Nilai rata-rata hasil evaluasi siswa pada materi pelajaran matematika masih rendah, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 57% atau 12 orang siswa yang tuntas dari jumlah siswa sebanyak 21 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi pengukuran sudut bangun datar di kelas IV SDN Munjul 1, hal ini tentunya memerlukan perbaikan dalam proses pembelajaran melalui penelitian kuantitatif dengan Pre-Eksperimental Design dengan bentuk penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Munjul 1. Sampel penelitian ini terdiri dari 21 siswa kelas IV. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan media pembelajaran game interaktif quizizz dalam pelaksanaan pembelajarannya. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar matematika siswa adalah tes pilihan ganda. Hasil analisis data penelitian menjawab hipotesis penelitian. Dengan nilai rata-rata kelas meningkat dari sebelum treatmen diberikan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Bangun Datar Dengan Media Quizizz Mode Kertas Kelas IV SDN Munjul 1.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING POKOK BAHASAN ZAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMAN 11 PANDEGLANG Entong Fathurohman
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 1, Januari (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Role Playing dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X.1 SMAN 11 Pandeglang Banten Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Indikator keberhasilan dinyatakan apabila hasil tes formatif siswa ≥ 75 atau sesuai dengan KKM yang diterapkan, atau minimal siswa lebih dari 75% dikatakan tuntas. Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, maka diperoleh rata-rata hasil tes pada prasiklus adalah 69,22 (38,70%) atau sekitar 12 orang yang tuntas. Pada siklus I rata-rata hasil tes akhirnya adalah 80,83 (80,86%) atau sekitar 26 orang yang tuntas, dan pada siklus II  rata-rata hasil tes pada prasiklus adalah 83,38 (100%) semua siswa telah tuntas. Hasil pengamatan aktifitas dalam kegiatan diskusi mengalami peningkatan pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 62,98% dan aktivitas diskusi meningkat pada siklus II menjadi sebesar 85,97%.
THE IMPACT OF VOCABULARY BUILDING ON IMPROVINGSTUDENTS’ SPEAKING SKILLS IN CLASS IX RIYADHUSSALAM ISLAMIC JUNIOR HIGH SCHOOL Iim Khairunnisa, Diana Maulidiya Almaida Tuzakiyyah, Ani Sumaeratu Aini, Novi Aulia, Nur Fadhillah A
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 1, Januari (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

English, as an international language, plays a crucial role in global communication. However, speaking proficiency, particularly in Indonesia, remains a challenging skill to acquire among students. This study aims to explore the influence of vocabulary development on the speaking skills of 16 ninth-grade students at Riyadhussalam Islamic Junior High School. This study revealed that students faced speaking challenges due to insufficient vocabulary. They struggled to express thoughts and often mispronounced or misspelled words. This research investigates whether enhancing vocabulary significantly affects students' speaking skills. It employs qualitative and quantitative methods, utilizing interviews, pre-test, post-test, and questionnaires. Interviews with teachers assessed initial speaking instruction conditions, while pre- and post-tests measured students' speaking abilities before and after vocabulary intervention. Questionnaires gauged student responses to the vocabulary development program. The study involved vocabulary practice in speaking activities such as sentence construction, discussions, conversations, and simulations.. 
SASARAN SIKAP PROFESIONAL DAN PENGEMBANGAN SIKAP PROFESIONAL GURU Ratna Dewi
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru merupakan sosok yang begitu dihormati karena memiliki sumbangan yang cukup besar terhadap kcberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mencapai kemampuan optimalnya. Ketika orang tua mendaftarkan anaknya di setiap jenjang pendidikan pada sekolah tertentu, pada saat itu juga ia menaruh harapan cukup besar terhadap guru, agar anaknya dapat memperoleh pendidikan, pembinaan dan pembelajaran serta bimbingan sehingga anak tersebut dapat berkembang secara optimal
ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENATAAN DENAH TEMPAT DUDUK Qiqi Alawiyah, Ajeng Muliasari , Nurul Ilma, Jihan Nurathifah, Risma Rahmayanti, Mala Awaliah, Sulis
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa dalam penataan denah tempat duduk siswa berbentuk letter U dan segitiga ditengah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode Kualitatif Deskripti dengan mengikuti langkah-langkah metode yaitu: 1)Rancangan penelitian. 2)Populasi dan sampel, 3)Teknik pengmpulan data dan 4)Teknik analisis data. Adapun hasil yang didapatkan dari respon siswa terkait penataan denah tempat duduk siswa dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa yaitu aspek antusias mendapatkan persentase sebesar 7%, aspek perhatian sebesar 24%, aspek keaktifan 32% dan aspek kefokusan sebesar 37%. Yang melatar belakangi aspek antusias mendapatkan persentase paling rendah, karena adanya karakter guru yang tegas di SDN Pasirhuni yang menjadikan siswa memberikan respon antusias menjadi aspek terendah. Namun, dengan penataan denah tempat duduk ini dapat dikatakan berhasil karena aspek perhatian, keaktifan dan kefokusan mendapatkan persentase yang signifikan yang menjadikan minat siswa dalam belajar menjadi meningkat.
ANALISIS PERAN PENGAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOLOGI SISWA Mia Rismawati, Omah Mukarromah, Yeni Sulaeman, Rifki Arif Nugraha, Usep Saepul Mustakim
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil observasi peneliti di SD Mandalawangi 3 pada 8 Mei 2024 diperoleh data secara umum siswa terlihat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran karena peran pengajar yang baru mereka temui seperti mahasiswa sebagai peneliti di sekolah tersebut ada pengaruhnya dengan hal tersebut terhadap psikologi anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang baik didalam kelas. Berbagai jenis aktifitas yang termasuk dalam psikologis anak sangat menarik serta dikaji untuk selanjutnya peniliti mengambil judul analisis peran pengajar terhadap perkembangan psikologis anak di kelas III SD Mandalawangi 3 dan mengkaji tentang gambaran psikologi anak yang mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik. akibatnya tahap perkembangan pra-operasional ketika anak sudah berpikir konkret, adalah fokus dari hasil pengamatan i.ni. Fokus pertumbuhan pada pengamatan ini adalah pada tahap mesosistem, dimana terdapat interaksi antara tahap mikrosistem, seperti hubungan antara pengalaman keluarga dengan pengalaman sekolah. Dari hasil penelitian psikomotorik ini siswa mampu mengembangkan kemandiriannya seperti : menolong diri sendiri, membantu orang lain, keterampilan disekolah misal menyapu, mengepel dan juga ketrampilan saat bermain.
ANALISIS PENATAAN RUANG KELAS DALAM MELIHAT RESPON SISWA Neneng Kurniasih, Ajeng Muliasari, Filda Halimatuzzahroh, Anggun Nurlaila, Siti Haeriyah, Ratu Natas
Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik Vol. 1 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Publisher : Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penataan Ruang Kelas merupakan salah satu elemen penting dalam pengelolaan kelas yang berpengaruh langsung pada kualitas pembelajaran. Menata ruang kelas dengan cermat tidak hanya memperhatikan aspek estetika tetapi juga memprioritaskan kebutuhan operasional dalam mendukung kegiatan belajar mengajar. Aktivitas anak didik dan mobilitas belajar sangat tinggi. Dimana  anak  didik  dituntut  untuk  belajar  mandiri,  mengerjakan  tugas,  mengambil  dan mengembalikan   bahan   belajar, melakukan   pengamatan   baik   secara individual  maupun  kelompok,  semuanya  dilakukan  secara  terarah  dan  tidak  diawasi  guru secara terus menerus. Metode penelitian ini menggunakan  kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk menggali dan mengungkap bagaimana penataan ruang kelas dapat membentuk dan mempengaruhi respons siswa kelas 2 di SDN Kalanggunung Cipeucang pandeglang. Studi ini menemukan bahwa 3% siswa percaya bahwa lingkungan belajar mereka tidak memadai, yang menyebabkan tantangan yang signifikan dalam lingkungan pembelajaran mereka. Seringkali mereka tidak memiliki postur yang tepat, posisi yang benar, dan konsentrasi yang baik. 26% siswa percaya lingkungan belajar mereka baik, tetapi masih ada area untuk perbaikan. 36% siswa percaya bahwa lingkungan belajar mereka baik, dan 40% siswa percaya lingkungan pembelajaran mereka ideal. Faktor-faktor yang berkontribusi pada ini termasuk postur yang baik, manajemen ruang yang efisien, dan dekorasi yang baik. Siswa didorong, termotivasi, dan terinspirasi oleh lingkungan belajar mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 10