Hasil observasi peneliti di SD Mandalawangi 3 pada 8 Mei 2024 diperoleh data secara umum siswa terlihat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran karena peran pengajar yang baru mereka temui seperti mahasiswa sebagai peneliti di sekolah tersebut ada pengaruhnya dengan hal tersebut terhadap psikologi anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran yang baik didalam kelas. Berbagai jenis aktifitas yang termasuk dalam psikologis anak sangat menarik serta dikaji untuk selanjutnya peniliti mengambil judul analisis peran pengajar terhadap perkembangan psikologis anak di kelas III SD Mandalawangi 3 dan mengkaji tentang gambaran psikologi anak yang mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik. akibatnya tahap perkembangan pra-operasional ketika anak sudah berpikir konkret, adalah fokus dari hasil pengamatan i.ni. Fokus pertumbuhan pada pengamatan ini adalah pada tahap mesosistem, dimana terdapat interaksi antara tahap mikrosistem, seperti hubungan antara pengalaman keluarga dengan pengalaman sekolah. Dari hasil penelitian psikomotorik ini siswa mampu mengembangkan kemandiriannya seperti : menolong diri sendiri, membantu orang lain, keterampilan disekolah misal menyapu, mengepel dan juga ketrampilan saat bermain.
Copyrights © 2024