Semesta
Vol. 1 No. 2 (2023): Juli 2023

Upaya Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Whole Language Pada Siswa Kelas 1 SDN Tanjung Jati 2

Cindy Erra Agustin (Universitas Trunojoyo Madura)
Agung Setyawan (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Pendekatan Whole Languge Pada Siswa kelas 1 SDN Tanjung Jati2. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 dengan dengan mengguankan jenis pendekatan whole language yang ada di sekolah dasar SDN Tanjung Jati 2, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas. Dan cara mengumpylan data yang diperoleh dengan melalui observasi secara langsung kepada peserta didik dan tes. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus yatu silkus satu dan siklus dua. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa terjadi kenaikan pada kemampuan membaca siswa kelas satu SDN Tanjung Jati 2 Kecamatan Kamal, Kabupatan Bangkalan. Dimana pada siklus satu persentase kemampuan membaca siswa kelas yaitu sebesar 30% siswa yang mencapai KKM, sedangkan pada hasil pada siklus dua yaitu sebesar 78 % siswa yang mencapai KKM. Berdasaerkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan pendekatan whole language dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

semesta

Publisher

Subject

Education

Description

SEMESTA : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran [e-ISSN: 2986-8874] adalah Jurnal Open Access yang diterbitkan oleh Yayasan Alpatih Harapan Semesta. SEMESTA membahas terkait tentang dinamika ilmu pendidikan dan pengajaran yang terjadi dalam konteks masyarakat di tingkat Pendidikan dasar, menengah ...